Kamis, 11 Februari 2016

Animasi Saat Ini (dari Film, Game, Hingga Flash)





Sebagian orang, atau bahkan mungkin kebanyakan orang, berpikir mengenai film-film kartun luar negeri ketika mendengar kata animasi. Dari film lama yang masih berupa 2 dimensi dan kemudian terus berkembang menjadi 3 dimensi. Memang benar, semakin lama semakin terasa bahwa industri film semakin bersaing ketat dalam menunjukkan kecanggihan teknologi yang mereka gunakan dalam sebuah penggarapan film. Tak terkecuali teknologi animasi, teknik menjadikan gambar-gambar bergerak sehinga dapat memunculkan sebuah adegan yang tak perlu diperankan secara nyata oleh para pemeran. Adegan yang dimaksud disini tentu saja ialah sesuatu yang menjadi daya tarik yang membuat orang-orang berpikir, “Bagaimana bisa karakter seperti itu diciptakan?”.
Sebagai contoh adalah sebuah film animasi garapan Walt Disney yang bukan termasuk film lama tentunya, berjudul Big Hero 6 yang tayang di bioskop akhir 2014 lalu. Dalam pembuatan film animasi ini, Walt Disney membuat software yang disebut Hyperion yang dapat memperhitungkan jatuhnya cahaya dalam film animasi sehingga pencahayaan di film ini lebih natural. Software lain bernama Denizen pun dibuat untuk menciptakan hingga ratusan ribu karakter yang diperlukan untuk membangun sebuah setting perkotaan San Fransokyo dalam film ini.

Teknologi animasi tidak hanya ditemukan pada perfilman saja, kenyataannya industri game pun menggunakan animasi dan turut berkembang mengikuti teknologi animasi terbaru. Adalah sebuah perusahaan bernama Nvidia, yang memperkenalkan sebuah teknologi animasi terbaru dalam sebuah acara GTC (GPU Technology Conference) di tahun 2014 lalu. Teknologi ini bernama Nvidia FlameWorks, yang dapat menciptakan efek animasi api, asap, dan ledakan yang menjadikan suasana game lebih realistis.
Jenis animasi lain digunakan dalam desain web dan multimedia, yaitu jenis animasi flash. Flash merupakan salah satu program yang digunakan untuk membuat animasi. Salah satu software-nya yaitu Adobe Flash, baru-baru ini merilis versi terbaru dari Adobe Flash Professional yang diberi nama Adobe Animated CC. Tepatnya pada tanggal 8 Februari 2016 kemarin, Adobe resmi merilis Adobe Animated CC sebagai nama baru untuk Flash Professional sekaligus dengan fitur-fitur baru yaitu Typekit, HTML5 Canvas Template, dll. Fitur-fitur baru ini akan memudahkan para developer untuk mendesain webnya dengan lebih baik dengan mengingat tingginya kebutuhan HTML5 saat ini.
Dimasa mendatang, teknologi tentu akan semakin berkembang dan akan semakin banyak inovasi-inovasi baru yang bermunculan. Persaingan diberbagai bidang akan semakin ketat, tapi hal ini akan membuat orang-orang semakin kreatif dan dari sinilah teknologi yang ada terus diperbaiki dan dikembangkan.

Sumber:








Tidak ada komentar:

Posting Komentar